KEGIATAN AKG-AKK DAN AKP DI LOKASI MTsN 2 KOTA BANDUNG BERJALAN LANCAR

Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas(AKP) di MTsN 2 Kota Bandung berjalan lancar tanpa ada hambatan sampai dengan hari ketiga, Sabtu (21/11/2020).
Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan asesmen di lokasi MTsN 2 Kota Bandung seluruhnya berjumlah 225 orang, terdiri dari guru mata pelajaran IPA, Bahasa Indonesia, Matematika, BK, Kepala Madrasah dan Pengawas .Kegitan tersebut berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 19 November 2020 sampai 21 November 2020.

Secara lebih rinci, dalam Keputusan Dirjen Pendis Nomo 4446 Tahun 2020, sasaran asesmen GTK di Kemenag yaitu Guru MI 182.125, Guru MTs 120.547, Guru MA 54.873, Kepala Madrasah 82.270, Pengawas Madrasah 3.659.
Dikutip dari kalderanews.com, AKG, AKK dan AKP merupakan baseline pelaksanaan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Madrasah Tahun 2021. Hasil Asesmen ini sebagai pemetaan sebaran kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah. Hasil ini akan menjadi dasar implementasi program pengembangan keprofesian berkelanjutan yang berorientasi kepada mutu dan pemerataan (mapping competency).
Lancarnya pelaksanaan asesmen tidak terlepas dari persiapan yang matang dan terencana dengan baik melalui sejumlah tahapan antara lain: penyiapan aplikasi SIM-AKG yang terintegrasi dengan SIMPATIKA, Instrumen soal asesmen kompetensi, reviewer uji keterbacaan dan pada level tempat penyelenggara penyediaan sarana prasarana pendukung seperti server, jaringan internet, computer client, proctor, teknisi dan panitia.(Erdeka).