1. Pengertian Mencontek
- Mencontek adalah tindakan memperoleh jawaban dari orang lain saat ujian atau tugas, atau menggunakan sumber tidak sah untuk mendapatkan nilai, dengan tujuan menipu sistem evaluasi akademik.
- Sumber: Departemen Pendidikan Nasional (2003), “Pedoman Pendidikan Karakter”.
2. Dampak Negatif Mencontek
- Akademis: Nilai yang diperoleh tidak mencerminkan kemampuan sebenarnya, mengurangi kesempatan untuk belajar dari kesalahan.
- Moral dan Psikologis: Mengikis rasa percaya diri dan melatih sikap tidak jujur. Bisa memengaruhi integritas di masa depan.
- Jangka Panjang: Membentuk kebiasaan buruk yang dapat terbawa ke kehidupan profesional.
- Sumber: Wibowo, A. (2012), “Membangun Karakter Integritas di Sekolah”, Psikologi Pendidikan.
3. Penyebab Siswa Mencontek
- Tekanan Sosial: Siswa sering kali merasa harus mencontek agar terlihat “pintar” di mata teman-teman.
- Ketidaksiapan Belajar: Kurangnya waktu atau usaha dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian atau tugas.
- Takut Nilai Buruk: Ketakutan menghadapi kegagalan dan reaksi negatif dari orang tua atau guru.
- Norma Kelompok: Jika lingkungan mendukung perilaku mencontek, maka siswa cenderung mengikuti.
- Sumber: Santrock, J.W. (2011), “Psikologi Pendidikan”.
4. Cara Mengurangi Kebiasaan Mencontek
- 1. Meningkatkan Kesiapan Belajar: Membuat jadwal belajar rutin dan efektif.
- 2. Teknik Belajar Kelompok: Belajar dengan teman untuk memahami materi lebih baik.
- 3. Latihan Soal Mandiri: Membiasakan diri mengerjakan latihan soal dengan jujur tanpa bantuan eksternal.
- 4. Membangun Rasa Percaya Diri: Fokus pada kemampuan diri sendiri tanpa membandingkan dengan orang lain.
- 5. Mengatasi Tekanan Sosial: Pilih lingkungan pertemanan yang mendukung kejujuran akademik.
- 6. Teknik Manajemen Stres: Belajar mengelola stres dan kecemasan sebelum ujian.
- Sumber: Corey, G. (2013), “Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi”, Bab tentang Pengelolaan Stres.